Hilangkan Rasa Bosan dan Jenuh Dirumah Dengan Permainan Anak

“Anak-anak menginginkan waktumu lebih dari segalanya. Bermainlah bersama mereka, ajari mereka, dan sayangi mereka karena mereka adalah amanah dari Tuhanmu.”

Hilangkan Rasa Bosan dan Jenuh Dirumah Dengan Permainan Anak

Bermain memang bukan kegiatan serius, harus fun, Memainkan permainan anak dengan seluruh anggota keluarga menjadi family time yang seru dan menyenangkan. Anda bisa melepas penat sejenak dengan bermain bersama keluarga.

Meski demikian, lewat bermain anak juga bisa menyerap pengetahuan dan belajar menyelesaikan masalah. tanpa atau dengan orang tua , anak tetap bisa bermain. Ternyata dengan bermain bersama orang tua, banyak nilai plus yang didapatkan, baik untuk anak maupun orang tua.

Membiarkan anak bermain sendiri itu sah saja, anak terkadang membutuhkan bermain sendiri untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya, Namun tidak semua permainan aman dimainkan sendiri oleh anak anda.

Beberapa permainan yang bisa dimainkan bersama – sama di rumah bersama keluarga adalah :

  1. Berburu Harta Karun

Cara bermainnya yaitu sembunyikan hadiah atau koin diberbagai tempat tersembunyi , seperti dibawah tempat tidur, lalu , simpan beberapa petunjuak di berbagai lokasi tersembunyi yang berbeda – beda.

Beri petunjuk pertama kepada anak supaya mereka bisa menemukan petunjuk berikutnya, lanjutkan permainan sampai hadiah ditemukan anak anda.

2. Monopoli

Adalah salah satu permainan papan yang sudah ada sejak jaman dulu dan terkenal di seluruh dunia.

Permainan ini bisa di mainkan minimal 2 orang dan maksimal 4 orang , kamu bisa membeli satu set permainan ini yang berisi papan permainan, dua buah dadu, uang mainan, bidak, 32 icon rumah berwarna hijau dan 10 icon hotel berwarna merah dll.

Bukan hanya mengasyikkan, permainan ini juga bisa membuat anak belajar cara mengatur keuangan.

3. Ular Tangga

Tujuan permainan ini adalah menjadi pemain pertama yang mencapai kotak terakhir dengan bergerak dari satu kotak ke kotak lainnya.

Setiap pemain diberikan bidak dan kesempatan untuk melempat dadu, Bidak harus bergerak sesuai dengan angka yang muncul pada dadu yang dilempar.

Bidak harus bergerak sesuai dengan angka yang muncul pada dadu yang dilempar, di setiap kotak terdapat ular dan tangga, bila berhenti di petak ular, maka pemain harus turun sesuai dengan panjangnya ulat, sedangkan bila pemain berhenti di petak tangga, maka pemain harus naik sesuai panjang tangga.

4. Engklek

Engklek adalah permainan tradisional, Permainan lompat – lompatan ini dilakukan pada bidang datar yang digambar diatas tanah dengan menggunakan gambar kotak – kotak,

Setiap pemain melempar batu ke kotak yang menjadi sasaran, apabila lemparan melebihi kotak yang disediakan, pemain dinyatakan gugur.

5. Permainan Tebak Gambar

Siapkan pensil dan kertas gambar, minta semua anggota permainan untuk duduk mengitari pensil dan kertas besar tersebut, putar pensil, jika mata pensil menunjuk salah satu orang , dialah yang bermain,. Ia harus membuat suatu gambar, tapi tidak sampai selesai, kemudian pemain yang lain harus menebak gambar apa itu.

6. Botticelli

Setiap pemain memikirkan satu tokoh terkenal dan menyebutkan inisial orang tersebut sebagai petunjuk, Pemain yang lain mencoba menerka siapa orang itu dengan mengajukan beberapa pertanyaan specifik yang bisa dijawab “ya” atau “tidak”.

7. Permainan Geografi

Setiap pemain harus menyebutkan satu nama tempat (Kota atau negara) .Pemain yang lain harus mencari nama tempat yang memiliki huruf pertama sama dengan huruf terakhir tempat yang disebutkan tadi. Contoh “London”, maka orang selanjutnya harus menyebutkan sebuah tempat berawalah N misal : New York, atau Nepal.

8. Tepuk Kategori

Permain menyebutkan kategori yang ingin dimainkan. misal binatang, buah atau sayuran, Kemudian sambil bertepuk setiap anggota pemain harus menyebutkan nama – nama yang masuk dalam kategori tersebut, semakin cepat tepukan, semakin pemain harus berfikir cepat untuk menjawabnya.

Yuk < bermain bersama anak di rumah,

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares