Sejarah dan Makna Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Guru Sedunia

Selamat Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional

Hari ini  tepat tanggal 25 November 2020 diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN). tahukah anda bahwa penetapan HGN itu sendiri berkaitan dengan riwayat berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Melansir laman resmi PGRI, Organisasi PGRI berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang telah  berdiri sejak 1912 kemudian pada tahun 1932, PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Pada  zaman kependudukan Jepang, PGI dilarang melakukan berbagai aktivitas karena segala jenis organisasi dilarang waktu itu. Sejak Indonesia Merdeka pada 1945, Diadakan  Kongres Guru Indonesia pada 24 – 25 November 1945 di Surakarta, Dalam kongres tersebut dibentuklah organisasi PGRI untuk mewadahi semua guru di Indonesia.

Puluhan tahun kemudian, Pemerintah RI pun menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994, Keppres tersebut menetapkan berdirinya PGRI sekaligus sebagai Hari Guru Nasional.

Hari Guru Sedunia

Selain Hari Guru Nasional ada juga Hari Guru Sedunia yang diperingati pada tanggal 5 Oktober. Hari Guru Sedunia dicetuskan oleh Organisasi Pendidikan Keilmuan dan Kebudayaan (UNESCO) yang berada dibawah naungan Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB).

Dilansir dari Laman resmi UNESCO, Peringatan  Hari Guru Sedunia dilakukan untuk memeringati penandatanganan rekomendasi tentang status guru oleh Organisasi Buruh Internasional (ILO) dan UNESCO pada tahun 1966.Pada tahun 1997, Peringatan Hari Guru Sedunia bertepatan dengan penandatanganan rekomendasi tentang status personel pengajar pendidikan tinggi.

Kedua rekomendasi tersebut menjadi instrument untuk menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru serta standar persiapan guru. Rekomendasi tersebut juga memberikan tolok ukur mengenai pendidikan lanjutan, rekrutmen, pekerjaan dan kondisi kerja guru.

Lagu Hymne Guru

Peringatan Hari Guru Nasional di Indonesia  biasanya tidak lepas dengan menyanyikan lagu “HYMNE GURU” yang legendaris. Tahukah anda Pencipta lagu Hymne Guru adalah Pak Sartono, beliau adalah Mantan Guru Yayasan Swasta di Kota Madiun , Jawa Timur.

Lagu “ Hymne Guru – Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” diciptakan oleh Pak  Sartono  tahun 1980an, sebuah lagu wajib yang kini selalu dinyanyikan di sekolah – sekolah baik tingkat SD hingga SMA.

Meskipun ciptaannya terkenal dan dinyanyikan semua anak – anak di Indonesia, namun tak banyak yang tahu sejarah dan pengarang lagu tersebut. Semasa hidupnya Pak Sartono jauh dari kara mewah, beliau tinggal sederhana di rumahnya yang berdinding kayu di kota Madiun. dan Beliau telah meninggal dunia pada usia 79 tahun (1/11/2015) dikutip dari Kompas .com.

Demikian sekilas mengenai  sejarah peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Guru Sedunia.

Selamat hari Guru 25 November 2020

“ Selamat Hari Guru  Nasional. Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah”

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares