Cara Memahami dan Mencintai Anak Nakal

Memahami dan Mencintai Anak Nakal

Anak Nakal

Tingkah laku anak diluar batas memang sering membuat kemarahan orangtua, mulai dari anak membantah perkataan orangtua, suka memberontak, melanggar aturan, bertindak sesuka hari tanpa memikirkan dampaknya.

Sulit bagi orangtua untuk menghadapi karakter anak nakal dan sulit diatur seperti itu, dan masalahpun kerap timbul dalam lingkungan keluarga.  Para Orangtua sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir, karena anak dengan karakter nakal tidak selamanya memiliki citra buruk.

Cara mengatasi anak nakal

Berikut beberapa cara mengatasi anak nakal :

  1. Pahami anak nakal

Ketahuilah bahwa anak nakal itu sebenarnya tidak ada , yang ada adalah kita orangtua memiliki standar atau ekspektasi untuk anak – anak kita, tapi anak – anak kita tidak mampu memenuhi standar/harapan/ekspektasi yang sudah kita buat untuk mereka.

Karena kita tidak ingin  dicap sebagai orangtua yang gagal, pada akhirnya lebih mudah bagi kita untuk mengatakan anak saya nakal, padahal yang sebenarnya terjadi adalah kita mempunyai standard dan anak – anak kita tidak mampu mencapai standar tersebut. 

sedangkan kita sebagai orangtuanya  tidak mampu membantu anak supaya bisa mencapai standar tersebut, jadi “ yang salah siapa? “ , “yang gagal  siapa?” (anda orangtua)

Baca juga : 7 Ilmu penting dalam Parenting

  • Penuhi tangki cinta

Penuhi tangki cinta  yang ada pada anak, tangki ini ibaratnya tangki yang ada di kendaraan kita, mobil , motor kita membutuhkan bahan bakar untuk melaju, anak kita membutuhkan “perhatian, dukungan, waktu yang berkualitas dan kasih sayang untuk mengisi semangatnya”

Nah, ketika mobil anda tidak diisi bahan bakar , apa yang terjadi? pasti mogok, anak – anak kita bila tidak diisi tangki cintanya dia akan  mengadat dalam bentuk “ nakal, bandel, tidak mau sekolah, malas belajar,” dan itu semua adalah sinyal untuk memberitahu anda bahwa “ Pa, Ma, tangki cinta saya sedang kosong, tolong segera diisi.”

  • Jangan berharap dan membuat standar

Anak – anak kita adalah individu yang unik, mereka memiliki minat dan kebutuhan yang berbeda dengan kita, apa yang kita sukai tidak bisa kita turunkan kepada anak kita, tidak bisa kita paksakan kepada anak kita, yang paling penting adalah menemukan pola asuh yang tepat sesuai dengan kepribadian dan karakter anak – anak anda  buat dia nyaman menjadi dirinya sendiri , buat dia nyaman bersana dengan anda, dengan cara itu anak akan menemukan sendiri caranya untuk hidup, dia akan menemukan sendiri apa yang menjadi minatnya.

  • Jaga lingkungan anak

ketika kita berteman dengan penjual minyak wangi maka wanginya akan menular pada kita, ketika kita berteman dengan pandai besi maka aromanya yang tidak sedap pun akan menular pada kita, oleh sebab itu, orangtua harus mengontrol lingkungan anak – anaknya, apakah lingkungan disekolahnya, baik atau buruk, kalau memang ada virus negative disekolahnya, bagaimana caranya anda harus menghindarkan anak anda dari virus negative itu.

  • Berikan teladan yang baik untuk anak – anak anda.

Bagaimana caranya bersikap sopan santun, bagaimana cara bersikap hormat pada orangtua atau kepada orang yang lebih dewasa, bagaimana caranya hidup bermasyarakat, bagaimana caranya menghormati aturan hukum  adat dan budaya yang berlaku, semua itu adalahnilai dan prinsip hidup yang perlu anda wariskan kepada anak – anak anda dan cara terbaik untuk mewariskan prinsip hidup adalah melalui nilai keteladanan anda.

“ Children are likely to live up to what you believe of them”

Anak – anak cenderung hidup sesuai dengan apa yang anda yakini tentang mereka

Lady Bird Johnson

Sesungguhnya seorang anak itu akan hidup tepat seperti apa yang kita pikirkan.

Bila kita menganggap seorang anak itu pintar dan cerdas maka sepanjang hidupnya dia pun akan berkeyakinan seperti itu

Namun , bila kita menganggap itu sebagai anak yang pemalas. bodoh, nakal, maka seumur hidupnya akan tersebut akan merasa rendah diri dan merasa tidak berguna.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares