Sejarah Pengertian dan Tujuan Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Apa itu Digital Marketing atau Pemasaran Digital ?

Digital Marketing atau Pemasaran Digital adalah suatu usaha atau metode pemasaran sebuah  merk  produk  atau jasa dengan memanfaatkan media elektronik dalam bentuk digital atau internet , untuk menjangkau pasar / konsumen baik secara pribadi, maupun masyarakat luas   tanpa batas waktu, lokasi , tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen

Sejarah Digital Marketing.

Cikal Bakal Digital Marketing sebenarnya sudah dilakukan oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1896 yaitu menggunakan “TRANSMISI PUBLIK SINYAL NIRKABEL “ atau yang kita kenal dengan “RADIO”. Yang mana Marconi terus mengembangkan penemuannya sampai  masyarkat dapat menggunakan radio untuk penjualan barang, hingga  digunakan untuk menjual pertunjukan opera, dan dari sanalah strategi Digital Marketing di mulai.

Digital Marketing sangat berkaitan dengan revolusi teknologi yang berawal dari teknologi analog atau teknologi manual ke teknologi digital pada tahun 1980 an, kehadiran produk teknologi digital mulai bermunculan dan mulai digunakan secara massal didunia.

Beberapa dekade terakhir ketika smartphone marak diproduksi dan internet menjadi sebuah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan banyak orang,  kehadiran produk digital terus bermunculan yang membuat model pemasaran mengalami transformasi dari  media pemasaran konvensional ke arah media pemasaran digital.

Tujuan Digital Marketing

Secara Umum, Digital marketing terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu :

  • Digital Marketing Offline

Untuk Digital Marketin Offline  terbagi menjadi 4 bagian yaitu :

  1. Billboard Elektronik
  2. Marketing Radio
  3. Marketing Televisi
  4. Marketing Telepon
  • Digital Marketing Online

Beberapa strategi  marketing yang kini tengah marak diminati para Digital Marketer adalah :

  1. Search Engine Optimization (SEO)
  2. Search Engine Marketing (SEM)
  3. Content Marketing
  4. Social Media Marketing (SMM)
  5. Pay-Per-Click (PPC) Advertising
  6. Affiliate Marketing
  7. E-Mail Marketing

Berbagai Teknik dan strategi Digital Marketing diatas pada dasarnya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mempromosikan sebuah Merk Produk atau Jasa  guna meningkatkan brand awareness yang pada akhirnya meningkatkan jumlah penjualan atau pembelian.

Saat ini banyak sekali pelaku usaha menggunakan konsep ini untuk memasarkan produk atau jasa mereka, dan berita gembiranya anda dapat melakukannya secara independen atau bisa juga menggunakan Jasa Digital Marketing.

Apabila anda ingin melakukan secara independen dan ingin tahu bagaimana caranya , silahkan klik http://bit.ly/daftarkursusinternet

“Saya telah belajar bahwa orang akan melupakan apa yang anda katakan, orang akan melupakan apa yang anda lakukan, tetapi orang tidak akan pernah melupakan bagaimana anda membuat mereka merasakan “

Maya Angelou

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares