Belajar Online Internet Marketing Gratis Untuk Pemula di Jakarta

Internet Marketing atau pemasaran melalui internet adalah salah satu ilmu wajib yang harus dimiliki terutama bagi Anda yang akan berjualan dengan sistem online. Untuk menjadi internet marketer yang handal memang tidaklah mudah, dibutuhkan pengalaman dan proses yang cukup panjang.

Perkembangan internet yang begitu pesat saat ini mampu membawa banyak keuntungan dalam berbagai bidang kehidupan. Hampir semua orang saat ini bergantung pada teknologi yang lebih memudahkan, bahkan sekarang ini orang sudah mulai beralih dari belanja offline menjadi belanja Online.

Apa Itu Internet Marketing?

Internet marketing adalah semua usaha marketing yang memanfaatkan alat elektronik atau internet. Semua strategi digital dan channel marketing yang digunakan untuk tetap terhubung dengan konsumen secara online merupakan definisi digital marketing. Dari website, social media marketing, iklan PPC, email marketing, hingga SEO termasuk dalam digital marketing.

Mengapa Harus Menerapkan Internet Marketing?

Di awal sudah sedikit kami singgung bahwa mayoritas penduduk Indonesia sudah terhubung internet dan hal tersebut merupakan peluang yang tidak boleh dilewatkan oleh semua pemilik bisnis. Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa Anda harus memanfaatkan Internet marketing.

Namun, Ada beberapa masalah yang sering dihadapi internet marketer (digital marketer) pemula seperti menentukan produk yang akan dijual, tidak tahu cara melakukan riset kompetitor yang benar, dan tidak tahu cara marketing yang baik. jika mengetahui cara belajar internet marketing, Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menjadi internet marketer yang handal. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mempelajari internet marketing.

1. Melakukan Riset Produk

Dalam internet marketing, riset produk adalah kunci utamanya. Yang dibicarakan dalam bisnis online adalah keinginan pasar, bukan keinginan penjual semata. Jadi, jika Anda ingin menjual produk yang sedang tren dan dibutuhkan banyak orang, maka besar kemungkinan Anda akan mendapatkan profit yang besar.

Untuk melakukan riset produk, cara yang paling mudah adalah melihat di marketplace besar di Indonesia mana saja produk yang menjadi best-sellernya. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk riset produk adalah menggunakan Google Trends. Untuk meriset produk, Anda dapat memakai tool ampuh dari Google, adapun tools tersebut ialah Google Keyword Planner.

2. Melakukan Riset Persaingan

Lakukan riset persaingan yang ada di pasar untuk mengetahui siapa saja yang menjadi pesaing anda nanti. Dari riset ini Anda akan mendapatkan gambaran terhadap lawan bisnis, Cara termudah melakukan riset persaingan bisnis adalah dengan melihat produk yang akan Anda jual di marketplace. atau menggunakan google search

Caranya bisa menggunakan Google Search. adalah buka browser Google.co.id, lalu masukkan keyword produk Anda tadi ke bagian kolom pencarian kemudian klik search. Lalu tambahkan &start=990 di kolom URL.

Lalu perhatikan gambar yang tersaji dengan jelas, adapun fungsi dari &start=990 tersebut ialah untuk melihat banyaknya jumlah persaingan bisnis yang sebenarnya.Dengan begitu, akan tampak jumlah persaingan berdasarkan keyword produk yang Anda tuju.

Riset pesaing ini berguna untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman dari pesaing Anda, juga dapat digunakan untuk membandingkan produk dan strategi bisnis pesaing anda.

Membangun Database Konsumen

Selanjutnya dalam melakukan internet marketing adalah mengumpulkan dan membangun database konsumen. Hal ini berguna untuk memetakan konsumen potensial yang nantinya menjadi target distribusi internet marketing baik konten maupun penawaran.

Membangun database konten berarti juga membangun koneksi karena pada dasarnya internet marketing bukan hanya tentang bagaimana produk bisa dicapai oleh konsumen tapi bagaimana produk dapat disadari dan dikenal oleh konsumen.

Memilih Media Internet Marketing

Langkah yang  paling penting adalah memilih media internet marketing itu sendiri. Ada banyak pilihan strategi yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk yang Anda miliki.  bagi Anda yang kebingungan mencari tempat yang baik untuk berpromosi, bisa menggunakan situs-situs media sosial seperti facebook, Google+, twitter, Youtube, 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares