7 Ilmu Penting Dalam Parenting

Untuk menjadi orang tua kita juga harus mempunyai ilmu karena menjadi orang tua itu gampang – gampang susah, kenapa saya katakan gampang – gampang susah ? untuk menjadi gampang kita harus mempunyai ilmunya sedangkan bila tidak mempunyai ilmu maka akan terlihat menjadi susah.

Ilmu harus mengawali perjalanan kita bukan gimana nanti saja, nanti keburu anak sudah salah didik. disiplinkan diri sendiri untuk belajar supaya menjadi indah masa depan

Ada 7 Ilmu parenting paling penting yang harus anda ketahui sebelum anda menjadi orang tua atau sebelum anda menikah.

  1. Janin dalam kandungan sudah bisa mengerti, jadi jangan salah ngomong/bicara, terlalu mencemaskan sesuatu, stress. karena apabila kita mengalami hal tersebut perasaan yang kita rasakan akan terasa juga oleh janin dalam kandungan.
  2. Ketika anak sudah lahir, jangan ada dualisme dalam pendidikan anak, sebaiknya anda diskusikan dahulu sebelum, bila terpaksa ada perbedaan jangan dilakukan didepan anak.
  3. Tidak bertengkar didepan anak, hal ini akan sangat melukai hati anak dan akan sulit dilupakan.
  4. Tidak memarahi anak pada malam menjelang tidur dan subuh saat anak baru bangun tidur , karena anak tidak akan melupakan momen itu dan jangan mengaitkan kesalahannya dengan orang lain.
  5. Tidak membandingkan anak dan memuji anak didepan anak yang lain dengan tidak adil dan jangan memarahi anak di depan anak yang lain.
  6. Tunjukan kehangatan pada pasanganmu, hindari pertikaian dan tunjukan perbedaan pendapat didepan anak.
  7. Jangan memarahi anak lebih dari 10 menit, rangkul/peluk anak dan minta maaf.

Orang tua harus memiliki 2 sisi yaitu sisi tegas dan sisi kehangatan, bila salah satu sisi ini tidak ada maka parenting itu tidak akan berhasil/ gagal.

Yang dimaksud dengan sisi tegas adalah kita menasehati anak, menyuruh anak, meminta anak untuk melakukan sesuatu sebagai seorang anak, bisa juga sebagai seorang kakak/ adik/ pelajar atau sebagai anggota keluarga.

Yang dimaksud dengan sisi kehangatan adalah memberikan pujian, apresiasi, menyetujui, membolehkan hal ini anak akan merasa bahagia dan akan mengulangi nya dengan rasa bahagia, tanpa ada rasa terpaksa. rasa kehangatan ini merupakan bahan bakar dalam diri anak untuk selalu melakukan yang terbaik.

Demikian yang dapat saya sharingkan pada orang tua, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pada orang tua.

Terima kasih telah membaca tulisan ini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares