5 Faktor Utama Keberhasilan Wirausaha

Faktor Keberhasilan usaha seorang wirausaha bukan hanya dilihat dari seberapa keras anda bekerja,tetapi seberapa cerdas anda melakukan dan merencanakan strategi serta mewujudkannya, jadi anda harus menjadi wirausaha yang cerdas (smart Entrepreneur) , tetapi ada makna tersendiri tentang smart entrepreneur (wirausahawan yang cerdas) yaitu : SMART (Strategic Thinker, Motivator, Ambitious, Risk Manager, and Totalitas) uraiannya sbb :

  1. Strategic Thinker

Seorang wirausaha merupakan strategic planner (pembuat rencana strategis) yang andal, yang bekerja tidak hanya dengan  otot saja tetapi juga dengan menggunakan otak, jadin hindari bermodal nekad saja

2. Motivator

Wirausaha merupakan motivator bagi dirinya, bila mengalami kegagalan ia akan selalu bangkit dari kegagalan (pantang menyerah) serta menjadi motivator yang andal bagi tim dan karyawannya.

3. Ambitious

Seorang wirausaha juga harus punya ambisi yang baik, sedangkan ambisi yang buru adalah target waktu yang kurang realistis, atau ingin cepat (instan) sehingga cenderung menghalalkan segala cara, yang penting mencapai target dan cepat sukses, Dengan ambisi yang tepat maka anda mempunyai semangat dan keinginan yang kuat untuk mewujudkannya.

4. Risk Manager

Wirausaha bukan hanya risk taker (pengambil resiko) tetapi juga seorang risk manager (manager resiko) bagi dirinya dan usahanya.  Manager resiko berarti tidak boleh gegabah dan terburu – buru , Manager resiko harus cermat, taktis, cerdas, dan jeli membaca resiko dan peluang sehingga is akan memilih resiko yang optimal (paling menguntungkan) bagi perusahaannya.

5. totalitas

Seorang wirausaha harus total dalam mengerjakan sesuatu dan total membangun usahanya serta pantang mundur kebelakang. Bekerja secara total dengan full commitment (berkomitmen tinggi) pada usahanya, benar – benar mencintai usahanya . untuk itu ia berusaha agar usahanya tidak jatuh dan gagal.

 

Butuh 20 tahun untuk membangun reputasi dan hanya 5 menit untuk menghancurkannya. Jika Anda berpikir demikian, Anda akan melakukan sesuatu dengan beda”

warren buffet  
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares