Pengertian Kewirausahaan Atau Entrepreneur

Wirausaha berasal dari 2 suku kata yaitu wira dan usaha , wira adalah Pahlawan, laki – laki, berani atau perwira, sedangkan usaha adalah kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran atau badan untuk mencapai suatu maksud, pekerjaan (perbuatan , prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu .

Wirausaha dalam  bahasa Inggris adalah Entrepreneur, secara etimologi kata entrepreneur berasal dari bahasa Prancis yaitu entreprende  yang berarti petualangan , pengambil resiko, kontraktor, pengusaha (orang yang mengusahakan suatu pekerjaan tertentu) dan penjual yang menjual hasil ciptaannya.

Beberapa pengertian wirausaha adalah sebagai berikut :

  • Menurut KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) , wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru , menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya , serta mengatur permodalan operasinya.
  • Wirausaha adalah pelaku  utama dalam pembangunan ekonomi dan fungsinya untuk melakukan inovasi atau kombinasi – kombinasi yang baru untuk sebuah inovasi.
  • Wirausaha yaitu melakukan sebuah proses yang disebut creative distruction (pengrusakan yang kreatif) untuk menghasilkan suatu nilai tambah (added value) guna menghasilkan nilai yang lebih tinggi , sehingga the core of entrepreneurial skill is creativity ( inti dari ketrampilan wirausaha adalah kreativitas).
  • Wirausaha adalah orang yang berani mengusahakan suatu pekerjaan baik untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain
  • Menurut Richard Cantillon (1755) entrepreneur is  an innovator and individual developing something unigue and new ( seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru.
  • Menurut J.B. Say (1803) wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber – sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dari  tingkat produktivitas yang rendah menjadi lebih tinggi.
  • Menurut Dan Stein dan John F. Burgess (1993 : 35) wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.
  • Menurut Schumpeter (dalam Bygrave 1996) wirausaha adalah seorang yang memperoleh peluang dan menciptakan organisasi untuk mengejar peluang tersebut.
  • Menurut Mas’ud Machfoedz dan mahmud Machfoedz (2004) wirausaha adalah seorang inovator yang mempu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang yang bisa dijjual, dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa wirausaha adalah seseorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya  meliputi  kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru , menyusun operasi  untuk pengadaan produk baru, memasarkannya serta  mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.

 

“Anda harus berusaha atau anda akan tetap menjadi pencari kerja selamanya, Perlu diingat, kewirausahaan merupakan salah satu alternatif untuk anda selain mencari kerja. Persiapan diri anda sedini mungkin , pelajari, kuasai, dan pahami ilmu kewirausahaan”

 

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares