Apa Saja Karakteristik Wirausaha Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Banyak orang membiarkan dirinya hanyut dalam situasi , kondisi, pola pikir, paradigma dan tingkah laku sehari – hari dari lingkungan ia berada, sehingga tidak terasa pikirannya telah terkontaminasi oleh hal – hal yang dilihat, didengar, diketahui dan dikenalnya dari lingkungan tersebut.

Sebuah perbedaan cara pandang, sikap , perilaku dan karakteristik dapat membuat jalan hidup, karir, kehidupan dan masa depan menjadi berbeda jauh,  dengan demikian gagasan hanyalah bibit untuk dituai, untuk memperoleh hasihnya membutuhkan kerja keras, ketekunan serta strategi.

Setiap orang mempunyai karakteristik kewirausahaan, jadi jangan disembunyikan dan dipendam terus, gali , angkat dan kembangkan diri anda. Berpikirlah positif bahwa anda bisa mewujudkan cita-cita anda baik itu didunia kerja maupun di dunia wirausaha termasuk lingkungan anda.

Seorang wirausaha yang cerdas harus berpikir bertindak, dan melihat dengan fokus seperti saat membidik hewan buruan diatas semak belukar, bila anda tidak  fokus pada hewan tersebut maka semak belukar saja yang terlihat, begitu juga bila anda tidak fokus melihat sasaran dan tujuan anda, maka yang anda lihat secara jelas justru kesulitan – kesulitannya saja, sedangkan target anda menjadi buram. dengan demikian fokus adalah kunci bila anda ingin sukses.

Kegagalan dan keberhasilah seseorang tidak ditentukan dari pengetahuan saja, tetapi juga ditentukan dari :

  • Karakter (sikap, perilaku,  dan mental) yang lebih maju
  • Cara menyikapi kegagalan
  • Pemikiran yang jauh kedepan
  • Lingkungan sehari – hari
  • Bagaimana anda bertindak , dan
  • Kreativitas

Ada beberapa jenis kemampuan yang diperlukan dalam kewirausahaan, yaitu :

  1. Kemampuan mengatasi masalah mental diri sendiri (emotional attachment) dan kecerdasan spiritual (spiritual quotient).
  2. Kemampuan menarik sisi positif dan hikmahnya
  3. kemampuan mencari modal dan rekan (partner)
  4. kemampuan merumuskan visi dan misi serta tujuan usaha
  5. kemampuan memotivasi diri
  6. Kemampuan berinovasi
  7. Kemampuan untuk mengatur waktu kerja

Dapat disimpulkan bahwa karakteristik kewirausahaan sangat penting dan mempunyai dampak positif bagi perkembangan karir dan terbukti merupakan salah satu jalan untuk sukses.

Didalam proses belajar disekolah/ dikampus  juga memerlukan karakteristik kewirausahaan untuk meraih prestasi akademis.   mata pelajaran/ mata kuliah adalah jenis pekerjaan , belajar adalah proses bekerja sedangkan ujian/ tes adalah tantangan yang harus dihadapi  untuk dilewati. prestasi adalah kesuksesan anda dalam menuntut ilmu disekolah/dikampus dan guru adalah mentor (pembimbing ) anda . Jadi anda harus berusaha keras meraih prestasi atau seumur hidup akan sulit mengejar impian anda.

Untuk memenangkan pertempuran anda harus mempelajari pola pikir lawan agar bisa ditaklukan, untuk sukses menjadi wirausaha , maka anda harus mengetahui apa, siapa , perilaku , karakteristik, dan ciri -ciri pesaing anda,  sehingga semakin anda mengenal karakteristik pesaing maka anda semakin mudah dalam menyusun strateginya.

 

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares