CARA BELAJAR EFFEKTIF DALAM WAKTU CEPAT

Belajar hal baru yang belum pernah kita pelajari hanya dalam waktu singkat dan pasti bisa

Keinginan untuk mempelajari hal – hal baru adalah sesuatu yang lumrah dalam kehidupan kita , seperti belajar masak, belajar musik, belajar design, olah raga dll. Pasti banyak diantara kita yang mempunyai keinginan untuk mempelajari hal – hal baru yang belum pernah kita pelajari sebelumnya, tapi karena keterbatasan waktu yang kita miliki, misalnya :

  • Untuk  yang masih sekolah  harus membagi waktu antara jam sekolah, waktu les, kegiatan olah raga , kumpul bersama teman atau berorganisasi,
  • Untuk para pekerja juga harus menyelesaikan pekerjaan di kantor, kumpul bersama teman atau jarak tempuh yang jauh , tentunya ini menghabiskan waktu yang lama biasanya waktu istirahat juga tidak cukup.

Ketika keinginan itu sudah ada untuk mempelajari sesuatu kemampuan baru, tidak jarang kita merasa tidak percaya pada kemampuan diri sendiri dan skeptis, akhirnya kita akan berpikir, memangnya saya sempat untuk belajar hal – hal baru ini.  Akhirnya kita menunda keinginan kita untuk mempelajarinya.  karena kita sering berpikir, untuk meluangkan waktu beristirahat saja rasanya susah banget  apalagi untuk belajar yang membutuhkan waktu yang lama. ujung- ujungnya kita jadi merasa tidak mungkin untuk belajar lagi. dan akhirnya kita  tidak jadi belajar.

Dalam sharing kali ini saya akan  membagikan kepada teman – teman , bagaimana cara mempelajari kemampuan baru secara effektif  dengan waktu yang seminimal mungkin dan langkah – langkah nya dalam waktu yang sangat singkat dengan hasil yang maksimal.

Sebenarnya Pertanyaannya adalah  , berapa lama sih waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari nya  sampai bisa ? ada 2 tingkatan yang harus kita ketahui untuk menyatakan apakah kita sudah bisa atau mahir dalam bidang yang kita pelajari,

  1. Bisa saja atau paham
  2. Mahir atau expert di bidangnya

Berapa lama  waktu yang dibutuhkan seseorang belajar untuk menjadi bisa saja dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar sampai menjadi expert di bidangnya.

Menurut Prof. Ericson dari Florida State University,  waktu yang dibutuhkan seseorang agar benar – benar jago dalam suatu bidang itu sekitar ( rata – rata)  adalah 10.000 jam waktu latihan menjadikan kita benar – benar mahir ( best of the best).  tentunya ini membutuhkan waktu bertahun – tahun untuk mempelajarinya,  sekarang bayangkan  bila kita memiliki  waktu 5.000 jam saja untuk mempelajarinya,  akan jadi seberapa jago kita dalam bidang yang kita pelajari.

Pertanyaannya sekarang adalah apabila  kita  meluangkan waktu selama 10.000  jam  untuk mempelajarinya, tentunya sebagian dari kita akan merasa lama sekali, bayangkan waktu kerja sehari bisa dari jam 08.00 pagi sampai jam 17.00 selama 5 tahun berturut – turut,  mungkin tidak untuk menjadi yang terbaik dan akhirnya kita tidak belajar hal – hal baru dan menjalani hidup yang begitu – begitu saja,  tanpa mengup – date pengetahuan dan ketrampilan kita.

pertanyaan kedua adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan bila mau melakukan sesuatu dengan lancar (bisa) tidak perlu menjadi mahir, hanya sampai bisa saja . menurut Josh Kaufmann , waktu yang dibutuhkan adalah 20 jam = 1/500  dari waktu yang dibutuhkan untuk menjadi mahir di bidang  tersebut. jadi tidak perlu waktu yang sangat lama untuk belajar sesuatu yang baru sampai kita bisa melakukannya.

Coba bayangkan bila waktu yang dibutuhkan adalah 20 jam , mungkin dalam 1 bulan, 3 minggu, 2 minggu, 1 minggu, atau bahkan  mungkin 3 hari saja kita sudah bisa melakukannya , dengan catatan kita mellakukannya dengan konsisten setiap hari dengan lamanya waktu yang kita tentukan sendiri, semakin lama waktu yang kita gunakan setiap hari semakin cepat kita menguasainya.  maka waktu 20 jam jauh lebih mudah dilakukan daripada 10.000 jam.

Tips Pembelajaran yang effektif adalah :

  1. Buat menjadi subskill

caranya dengan melihat suatu skill dalam pecahan – pecahan subskill ,  bukan dalam satu kesatuan yang utuh /besar.

seperti bila kita ingin belajar memasak, maka yang pertama – tama harus kita kerjakan adalah mengenali  nama – nama bahannya , mengenal alat – alat masak,  belajar cara mempersiapkan bahan ,  belajar cara mengolah,   hingga bisa mengolah bahan mentah menjadi masakan yang bisa di makan.

intinya kita harus membuat skill itu menjadi pecahan – pecahan yang dipelajari menjadi bagian – bagian kecil sehingga kita lebih mudah mempelajarinya tahap demi tahap.

2. Keluar dari zona nyaman

kalau sudah ingin belajar, pastikan kita akan balajar sesuatu yang memang baru, hal pertama adalah keluar dari zona nyaman,  karena hal ini akan membuat kita makin berkembang ( terus kembangkan kemampuan yang akan kita pelajari).  sehingga kemampuan kita akan bertambah (tidak stagnan).

3. Lakukan sekarang

lakukan sekarang juga apa yang sudah anda putuskan untuk dipelajari, jangan di tunda – tunda atau dibuatkan target misalnya ” akan mulai besok/  lusa, 1 minggu lagi atau 1 bulan lagi, ”  kemungkinan besar kita akan terus menundanya dan tidak akan dimulai – mulai sampai kapanpun.

makanya kalau mau belajar sebaiknya kita  langsung pilih hal apa yang akan kita lakukan, keluar dari zona nyaman dan langsung lakukan, itu akan membawa hasil yang lebih baik dari pada kita hanya menunda menunggu waktu yang tepat.

 

 

 

 

 

 

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares