3 Cara Menghilangkan Rasa Panas Setelah Mengolah Cabai

Makan akan terasa lebih menggugah selera bila ada sambal pedasnya, namun mungkin kita akan jadi malas bila membayangkan harus mengulek cabainya menjadi sambal, karena tangan kita akan terasa panas akibat cabai. selain itu menimbulkan rasa panas di perut setelah memakannya. mengapa bisa begitu ?

Ternyata cabai mengandung senyawa kimia yang disebut Capsaicin, senyawa ini membuat tangan atau perut terasa panas dan terbakar . ( dikutip dari Huffington Post.) mengapa demikian ? karena Capsaicin merangsang dan mengikat reseptor rasa sakit, akibatnya kita merasakan sensasi panas dan terbakar.

Meskipun demikian, sensasi panas dan terbakar dari capsaicin ini tidak membuat kita mengalami kerusakan jaringan atau luka bakar, karena hanya berikatan saja dengan reseptor rasa sakit di sekitar tangan.

Untuk mencegah sensasi panas ditangan gunakanlah sarung tangan saat memasak, namun hal ini sering dirasa merepotkan, ada 3 pilihan cara untuk mengatasi rasa panas di tangan sebagai berikut .

  • Cuci tangan dengan sabun pencuci piring, gosok sabun cuci piring diseluruh bagian telapak tangan dan bawah kuku, sabun cuci piring lebih mudah menghilangkan minyak pada cabai yang menempel di tangan daripada sabun pencuci tangan, kemudian bilas dengan air hingga bersih.
  • Menggosok tangan dengan minyak zaitun, kita hanya perlu menggosokkan minyak zaitun ke tangan untuk menghilangkan sisa minyak cabai yang masih menempel, tunggu hingga satu sampai dua menit, kemudian cuci dengan sabin pencuci piring dan bilas hingga bersih.
  • Rendam tangan dalam Produk susu, karena produk susu bersifat asam sehingga bisa membantu mengurangi rasa panas ditangan akibat cabai. Protein susu yang disebut kasein berfungsi sebagai deterjen alami yang bisa memecah capsaicin , selain itu produk susu juga mengandung lemak yang dapat membantu melarutkan capsaicin. coba rendam tangan yang panas akibat cabai dalam semangkuk susu diamkan sampai rasa panas mulai mereda, kemudian bilas dengan air bersih.

Sebelum tangan bersih dari sisa – sisa minyak cabai, jangan menyentuh, menggosok mata atau bagian tubuh lainnya, karena minyak dari capsaicin ini mudah menempel dan menyebarkan sensasi panas ke bagian yang tersentuh.

semoga bermanfaat.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares